PANDUAN Kampanye Bebas Energi Fosil

Sebuah panduan langkah demi langkah untuk pengorganisasian lokal Bebas Energi Fosil —mulai dari membangun sebuah kelompok hingga mencapai kemenangan, pelajari cara memilih target, memilih tuntutanmu, dan merencanakan aksimu:

Selamat datang.

Jika baru memulai, akan sangat membantu jika kamu membaca panduan ini…

Kampanye ini dimotori oleh orang-orang sepertimu, di seluruh dunia. Walaupun setiap kelompok berbeda, namun cara kita membangun kelompok Bebas Energi Fosil dan berkampanye menggunakan resep yang sama. Seperti resep apapun, kamu dapat menambahkannya jika mau!

Panduan kampanye ini akan sangat berguna selama kamu menjalani kampanye beberapa minggu dan bulan ke depan. Setelah mendaftarkan perkumpulan atau kelompokmu, kamu akan menjadi bagian dari komunitas Bebas Energi Fosil global – kita akan terus terhubung dengan menggunakan sumber daya bersama dan kamu akan menerima dukungan dari kami untuk dapat membantu menghidupkan kelompokmu.

Rincian Kampanye: titik awalmu

Apa itu Bebas Energi Fosil?

Bebas Energi Fosil adalah kampanye global terdesentraliasi untuk sebuah revolusi energi yang menghentikan pertumbuhan industri energi kotor sampai dengan tahun 2020 dan mempercepat transisi yang adil menuju 100% energi bersih dan terbarukan untuk semua.

Di berbagai kota, kita berupaya membangun sebuah gerakan masyarakat yang kuat di seluruh dunia, untuk menghentikan semua yang dibutuhkan industri energi kotor untuk tumbuh dan bertahan hidup: dukungan sosial, politik, dan pendanaan.

Di komunitas, kita mengorganisasi untuk menghentikan atau melarang infrastruktur batu bara, minyak, dan gas baru. Kita berkampanye agar mendapat komitmen dari institusi lokal untuk mewujudkan 100% energi terbarukan. Komitmen tersebut tidak hanya mengubah sistem energi kita, tapi juga mendukung dan melindungi pekerja yang terdampak dari transisi tersebut, dan mengembalikan kepemilikan energi ke masyarakat.
>> Baca lebih lanjut tentang kampanye Bebas Energi Fosil di laman Tentang di sini.

Apa saja tuntutannya?

Tidak ada proyek Energi Kotor baru, di manapun.

Kita ingin seluruh dunia membekukannya sampai dengan tahun 2020, dan terus menghentikan infrastruktur energi kotor yang sudah ada, lalu membangun masa depan yang adil dan segera bagi semua.

Eksploitasi terhadap proyek energi kotor yang ada akan membawa kita cukup di atas ambang batas suhu kritis 1.5c. Kita tidak dapat membiarkan industri ini meluas, dan kita harus meneruskan langkah penghentian semua energi kotor.

Tidak satu rupiah pun yang akan diberikan untuk energi kotor lagi

Menyatakan industri energi kotor bertanggung jawab atas kesalahannya dalam krisis iklim berarti melepaskan, menggagalkan, dan menolak sponsor untuk industri energi kotor.

Dengan mengalihkan dukungan publik dari industri energi kotor, kita dapat memutuskan keterikatan mereka dengan ekonomi dan pemerintahan, selagi memberi jalan untuk transisi yang adil.

Sebuah transisi yang adil dan segera menuju 100% energi terbarukan untuk semua.

Kita bersatu dalam menyerukan komitmen institusi lokal terhadap transisi yang adil dan segera menuju 100% energi terbarukan untuk semua.

Transisi ini harus cepat, sehingga efek terburuk dari perubahan iklim dapat dihindari. Transisi ini juga harus disampaikan dengan cara yang tidak mereplikasi ketidakadilan dan pelanggaran hak asasi manusia dari ekstraksi dan sistem energi kotor. Hal ini akan membutuhkan kepemimpinan dan perencanaan dari pemerintah dan komunitas.

Bagaimana tuntutan tersebut bekerja bersama?

Tiga tuntutan Bebas Energi Fosil dapat menjadi tuntutan independen atau terintegrasi. Kamu dapat memulai dengan salah satu tuntutan, memenanginya, lalu mengerjakan yang lain. Atau, kamu juga dapat menggabungkannya dari awal.

Ketiga tuntutan menguatkan satu sama lain – lagipula, satu cara untuk mencapai 100% masa depan terbarukan adalah dengan meninggalkan energi kotor. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kota, universitas, sekolah, atau tempat ibadah kita tetap mendanai industri energi kotor.

Pergerakan kita adalah tentang keduanya mengerem keras aktivitas industri energi kotor, selagi mendorong keras akselerator transisi menuju masa depan yang adil dan terbarukan untuk semua.

Di mana saya bisa mendapatkan informasi dan sumber lebih lanjut

laman Sumber daya: gofossilfree.org/indonesia/resources-tools/ adalah titik awalmu.

Untuk masing-masing tuntutan, kunjungi:

Peningkatan Keterampilan Online: Tingkatkan keterampilanmu melalui panduan interaktif online tentang perubahan iklim dan apa yang dapat kamu lakukan. Setiap panduan interaktif online menggunakan aktivitas yang interaktif dan pendekatan multimedia untuk mengajarimu keterampilan yang dapat digunakan mengenai pengorganisasian, pembangungan gerakan, dan perubahan iklim. Kunjungi: trainings.350.org/online-skill-ups/

Pada akhir panduan kampanye, kamu akan menemukan tautan ke sumber daya yang bermanfaat. Kami juga akan terus menyampaikan setiap kali ada sumber daya baru yang kami kembangkan.

Langkah #1

Mengorganisasi di Tingkat  Lokal


Tim lokal yang kecil adalah mesin bertenaga masyarakat untuk pergerakan kita.

Bekerja dalam skala lokal berarti kamu dapat bertemu muka sebagai kelompok, dan bekerja untuk mengubah institusi yang dapat kamu pengaruhi: baik itu di desa, kabupaten, atau kotamu.

Ketika ribuan orang melakukannya bersama, kita dapat membawa perubahan transformasional yang diperlukan untuk dunia yang Bebas Energi Fosil.

Bekerja di kelompok lokal membutuhkan kerja tim: mengedepankan keingintahuan dan komitmen, bukan ego.

Menciptakan perubahan sosial tidak cukup hanya dengan satu orang yang memiliki argumen bagus. Diperlukan kita semua, yang memiliki beragam ketrampilan dan pengalaman, yang juga berkomitmen untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan, sekaligus memiliki keingintahuan untuk mempelajari dan mengembangkan keefektifitan kerja kelompokmu.

Formasi Kelompok

Selagi kamu mempersiapkan kelompok (selama belum ada kelompok Bebas Energi Fosil lain di area lokalmu) undanglah orang-orang yang memiliki komitmen dan keingintahuan. Sebagian besar kelompok lokal dimulai dengan minimal 3 orang.

Kelompokmu harus membahas dan menyetujui nilai serta prinsip sebagai sebuah kelompok.

Kelompokmu juga perlu membahas dan menyetujui Prinsip Pengorganisasian Bebas Energi Fosil sebagai bagian dari proses pendaftaran.

Selagi kamu membentuk dan mendaftarkan kelompokmu pada Bebas Energi Fosil, kamu akan menerima lebih banyak informasi tentang prosesnya.

Situs web pelatihan 350.org berisi berbagai sumber daya pelatihan yang dapat membantumu dalam mengembangkan kelompok yang efektif.

Global Power Shift, 2013.

Langkah #2

Strategimu


Apa itu kampanye, apa itu strategi?

Kampanye adalah sebuah upaya berkelanjutan untuk hasil yang spesifik, seperti membuat sebuah kota menghentikan pengembangan energi kotor, atau menjadikan sebuah institusi publik berkomitmen terhadap transisi yang adil dan segera menuju 100% energi terbarukan yang dikendalikan masyarakat.

Bayangkan strategimu sebagai jembatan yang harus dibangun kelompokmu untuk mencapai tujuan akhirmu. Visimu adalah matahari yang memandumu, atau bagaimana kamu ingin dunia ini terlihat. Di sepanjang jembatan terdapat langkah-langkah, atau taktik, aksi yang kamu lakukan untuk membangun kekuatan dan mendekati kemenangan. Akan sangat membantu jika memiliki tahapan di sepanjang jalan, untuk menunjukkan seberapa banyak yang telah dicapai dan seberapa jauh lagi yang diperlukan.

Tujuanmu adalah membuat serangkaian tindakan dan momentum yang dapat membangun cukup kekuatan untuk membuat perubahan yang kamu inginkan.

Sebuah kelompok tanpa strategi …. vs

Sebuah kelompok dengan strategi dan sasaran yang jelas

Memulai — 1. Menetapkan tujuan

Kamu tidak perlu menjadi seorang pakar keuangan untuk memulai sebuah kampanye keuangan Bebas Energi Fosil, atau menjadi seorang pakar energi terbarukan untuk mendorong komitmen 100% energi terbarukan di area lokalmu.

Elemen yang menentukan adalah kapasitasmu dalammendemostrasikan kekuatan masyarakat lokal: bahwa timmu mewakili massa yang kritis yang sulit untuk diacuhkan dan yang dapat meyakinkan targetmu bahwa mereka harus memenuhi tuntutanmu.

Tujuan memberimu arahan, jadi buatlah! Tujuan adalah tolok ukur kemajuanmu. Apa yang dapat kampanyemu capai dalam 3 bulan? 6 bulan? Kapan kamu bisa menjadi pemenang? Tentukan sebuah lini masa realistik dan buatlah rencana di awal untuk menentukan langkah yang dilakukan untuk menang.

Ikuti Peningkatan Keterampilan Online mengenai Strategi Kampanye

2. Targetmu

Berikutnya, pikirkan siapa targetmu dan apa tuntutanmu terhadap mereka. Targetmu adalah orang yang memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan akhir terhadap tuntutanmu.

Setiap kampanye harus memiliki target yang jelas – seseorang, dewan, direksi, dan lainnya yang bisa kamu paksa untuk memenuhi tuntutanmu. Mereka adalah pembuat keputusan. Kamu harus spesifik: targetmu harus memiliki nama, alamat, nomor telepon – seseorang yang dapat kamu tantang dan percayai.

Biasanya targetmu berada di tingkat lokal, sehingga kamu dapat langsung mengakses dan melibatkan mereka melalui kampanye. Tapi jika mereka bukan di tingkat lokal, kamu mungkin ingin menentukan target yang tidak langsung: orang dan institusi yang memiliki akses terhadap dan dapat memengaruhi target utamamu.

3. Tuntutanmu

Kampanye Bebas Energi Fosil memiliki tiga tuntutan inti. Pilih tuntutanmu. Tuntutanmu akan diarahkan ke targetmu: yaitu pembuat keputusan yang dapat membuat perubahan yang kamu tuntut.
Baca panduan kampanye untuk:

Ingat: kampanye yang berhasil memerlukan tuntutan yang cukup luas untuk memicu perubahan substansial, namun harus dapat dicapai dan spesifik.

Global Power Shift, 2013.

Langkah #3

Perekrutan + Membangun Kekuatan


Penting untuk melibatkan publik agar dapat mengembangkan basis pendukungmu dan dapat mendemostrasikan kekuatan gabunganmu kepada target, sehingga memaksa mereka mengikuti arahan masyarakat.

Selagi berkampanye, kamu ingin mengubah publik, dari pengamat pasif atau netral menjadi pendukung aktif. Memetakan komunitas dan kelompokmu yang berbeda ke Spektrum Mitra (lihat gambar di bawah) merupakan cara yang baik dalam membantumu memprioritaskan ke mana dan siapa yang akan dihubungi.

Rekrut!

Perekrutan adalah salah satu aspek yang paling penting dan paling menantang dari menjalankan sebuah kampanye. Hal itu seperti detak jantung yang membawa hidup dan energi ke pengorganisasian kamu. Tanpa detak jantung, kampanyemu akan segera gagal.

Setiap pertemuan, tindakan, kegiatan, dan percakapan adalah peluangmu untuk merekrut.

Kita tidak dapat berharap perekrutan akan terjadi secara alamiah, dan kita tidak bisa mengharapkan orang untuk tetap terlibat tanpa adanya rencana yang bagus. Itulah mengapa, seperti semua kampanye yang bagus, perekrutan memerlukan visi dari apa yang ingin kamu bangun, sebuah strategi tentang caramu mengembangkan tim, taktik untuk mengajak orang baru dan membuat orang-orang mengerjakan pekerjaannya!

Mengapa kita merekrut secara aktif?

Untuk mengembangkan kampanye: Bangun kekuatan untuk kampanye dengan menciptakan visibilitas dan mengajak anggota baru.

Untuk membagikannya: Bangun hubungan dan bagi visi kita melalui percakapan empat-mata dan perekrutan yang lebih luas seperti pidato, pemutaran film, dll.

Untuk memperkuat tim: Kita tidak hanya mengincar jumlah – kita mencari orang yang akan memberi ketrampilan, perspektif, dan energi baru ke dalam pekerjaan.

Untuk mengembangkan dan memiliki pemimpin baru: Perekrutan memberi peluang ke orang-orang untuk melatih diri dalam penyampaian pesan, memimpin tim perekrutan, dan membangun komitmen terhadap kampanye. Tidak ada yang dapat menahan orang untuk tetap terlibat selain rasa tanggung jawab untuk terus melibatkan orang-orang yang baru saja mereka rekrut.

Kamu dapat merekrut dalam komunitasmu: atur kegiatan publik, unjuk rasa, berbicara di kelas-kelas, organisasi komunitas, dll.

Kamu juga dapat merekrut secara online: mulailah sebuah petisi, atur acara, lalu ajak orang untuk mendaftar, dll. Hal ini akan sangat berguna untuk tetap terhubung dengan orang-orang – kami akan terus menyampaikan kepada tim kamu mengenai alat digital yang tersedia untuk membantumu berkampanye dan merekrut secara online.

Krisis iklim tidak muncul dalam keadaan vakum

Krisis tersebut muncul dari akar budaya dan ekonomi yang sama dengan rasisme sistemik, seksisme, kelas, kemampuan, homophobia, dan transphobia. Jika kita akan berjuang demi keadilan iklim dan memenangkannya, kita tidak bisa hanya berfokus pada karbon di atmosfir. Kita memerlukan suatu gerakan berbeda yang berkomitmen terhadap keadilan untuk semua orang, dan hal itu memerlukan upaya serta niat untuk menjadikan organisasi kita inklusif.

Sebagai contoh, di Johannesburg, Afrika Selatan, sebuah kelompok pemuda, kelompok warga pengangguran, kelompok pekerja, dan kelompok pemerintahan membangun kekuatan mereka dengan datang bersama-sama untuk menuntut pekerjaan yang ramah lingkungan, termasuk pekerja energi kotor. Ratusan hingga ribuan pekerjaan dalam dua dekade mendatang akan diciptakan untuk beralih ke energi bersih.

People's Parliament, Australia, 2015.

Langkah #4

Menantang Targetmu


Sebagai pengorganisasi di tingkat lokal, kamu perlumengenali momen yang akan memungkinkanmu dan kelompokmu untuk membangun dan menunjukkan kekuatan orang-orang yang tak terbantahkan. Untuk itu, kamu perlu menyelaraskan kekuatan itu melalui tindakan strategis. Kamu dan kelompok intimu harus mengenali rangkaian kesempatan untuk bertindak, bertemu, atau memengaruhi targetmu.

Kamu juga perlu menciptakan peluang – atau bergabung dengan kampanye terbuka Bebas Energi Fosil global: hari aksi global adalah momen yang penting untuk menunjukkan kepada target lokalmu bahwa ada gelombang mobilisasi global.

Satu dari beberapa hal terpenting yang dapat dilakukan di sini adalah mendorong targetmu untuk memilih, di sisi sejarah mana mereka ingin berada: Buatlah sebuah dilema keputusan — sebuah situasi yang jika tidak memilih sisimu, akan membuat targetmu terlihat buruk di mata publik.

Aksi nyata menyampaikan kisah yang kuat sebelum, selama, dan saat refleksi terjadi. Aksimu harus selalu berbicara dengan sendirinya, di foto atau media. Jadi, berpikirlah secara visual! Hal ini memerlukan perencanaan, latihan, dan praktik yang memiliki tujuan.

Bersiaplah untuk perjalanan panjang

Kampanyemu akan terus berjalan hingga kamu menang. Yang berarti bahwa selama masih diperlukan, kamu akan terus melakukannya lagi.

Ketika kampanyemu berkembang, kenali orang-orang yang berada di sisimu – bahkan jika mereka tidak bekerja dengan atau dekat dengan targetmu: orang dalam. Bekerja dengan mereka sangatlah penting. Kamu dapat membuat sebuah spektrum mitra dengan kelompokmu untuk mencari mitra yang memungkinkan untuk diajak bekerja sama.

Banyak institusi telah membuat komitmen publik untuk beraksi pada perubahan iklim — beberapa lebih berani dari yang lainnya, bahkan jika mereka belum diterapkan sepenuhnya. Sangatlah berguna untuk mengacu pada komitmen ini dalam komunikasimu. Semakin relevan kamu membuat tawaran pada institusimu, maka akan lebih baik. Bahkan jika tidak menyukainya, sebaiknya kamu tetap konstruktif ketika berinteraksi dengan mereka.

Kamu tidak perlu menjadi pakar semua isu (ada beberapa orang dan sumber yang dapat membantu!), dan kamu tidak perlu memberikan saran mengenai sumber daya hukum, investasi finansial, atau membangun rencana terbarukan yang komprehensif. Peran kamu adalah untuk menyuarakan tuntutan di publik, dan membangun kekuatan yang terlihat sehingga tuntutanmu menjadi kewajaran.

Negosiasi jalur belakang sangat berguna ketika kamu telah memiliki kampanye publik dan juga didukung publik, jadi jangan terlalu terlalu terpaku dengan negosiasi – dan jangan memulainya dari sana.

Jangan menyerah. Target Kamu mungkin tidak langsung menyetujuinya, tapi teruskanlah! Kampanye sangat jarang berhasil pada percobaan pertama. Kamu mungkin mengalami penolakan, penentangan balik, dan ditolak mentah-mentah. Tapi jangan berkecil hati, melalui kampanye yang terus-menerus kamu bisa dan akan berhasil. Jika bingung, ada banyak orang dengan posisi sama yang dapat kamu ajak berdiskusi – Kamu adalah bagian dari komunitas #FossilFree global!

Peruíbe, Brazil

LANGKAH #5

Eskalasi: Tingkatkan Semangat


Seiring waktu, tindakan kelompokmu harus terus meningkat — meningkat dalam keberanian, frekuensi, kreatifitas, maupun jumlah peserta. Tapi jangan terlalu cepat! Kamu ingin memastikan pendukungmu ikut bergerak bersama.

Eskalasi bukan berarti konfrontasi— konfrontasi dengan pihak berwenang adalah sesuatu yang semua orang tidak ingin alami. Eskalasi juga bisa berupa visual dan artistik. Kuncinya adalah kreatifitas! Mulai dari flash-mob hingga pemasangan spanduk, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan tuntutanmu. Lihatlah beragam ide dan inspirasi di sini.

Aksi terbaik membangun kegembiraan dalam berkampanye, sesuai logika dan mempunyai dampak terhadap target yang jelas, serta seimbang antara perencanaan sebelumnya dan fleksibilitas terhadap perubahan cepat yang terjadi.

Berlatihlah! berlatihlah! berlatihlah!

Latihan merupakan bagian terpadu dari semua kampanye. Pada intinya, latihan merupakan proses pembelajaran — sebuah cara untuk menyampaikan kerangka kerja keterampilan dan politik, mengembangkan kepemimpinan, dan mendelegasikan lebih banyak pekerjaan yang sesuai dengan timmu.

Siklus Beraksi-Rekrut-Latih adalah cara terbaik untuk berfikir tentang struktur kampanyemu, dan berlatih artinyakamu mengulangi siklus tersebut berulang kali, untuk mengembangkan capaian dan dampak dari pekerjaanmu.

Langkah #6

Menceritakan kisahmu + Menginspirasi Orang Lain


Semua orang memiliki kekuatan untuk menceritakan kisahnya sendiri dan pembelajaran dari komunitas mereka — terutama dengan adanya perkembangan teknologi digital dan media sosial.

Kisah dapat membangun hubungan dan empati. Kisah dapat mendorong orang untuk bertindak dan tetap terlibat– sekaligus menyentuh hati setiap orang. Sebuah kisah bisa lebih menyentuh dibandingkan judul berita atau fakta – kisah merupakan sesuatu yang tetap bersamamu dan memiliki kekuatan untuk mengubah dirimu.

Terutama dalam menghadapi krisis iklim, kita memerlukan pencerita di seluruh dunia untuk berbagi kehidupan mereka, kemenangan mereka, dan harapan mereka sendiri. Jika komunitas kita dapat didorong untuk mencari, melihat, mendengar – maka kita dapat mendorong orang untuk terus memperjuangkan perubahan yang dibutuhkan.

Unduh Paket Storytelling Digital

Setelah berbagi kisahmu, pastikan untuk memberi tagar #FossilFree dan juga mencantumkan halaman Facebook Fossil Free dan akun Twitter @GoFossilFree . Kami akan membantu menyebarkannya kepada khalayak global kapan pun kami bisa. Lihatlah more resources here.

Langkah #7

Menang!


Ada banyak komponen kampanye yang baik, dan sesekali terlihat seperti tidak akan berhasil — tapi jangan khawatir karena kita bisa dan akan menang!

Ketika kita menang, maka penting untuk dirayakan! Semua kemenangan (bahkan jika hanya sebuah batu loncatan untuk kemenangan yang lebih besar) harus dibagikan dan diteriakkan sekeras mungkin.

Kamu mungkin sudah tahu lebih dulu ketika sebuah keputusan dan potensi kemenangan akan terjadi, jadi pastikan kamu memiliki sebanyak mungkin materi yang tersusun sebelumnya. Beberapa langkah untuk dipikirkan:

  • Biarkan tim Bebas Energi Fosil, begitu juga dengan jaringan kamu lainnya, mengetahui tentang keputusan inti yang akan datang (bahkan jika hasilnya tidak jelas) sehingga orang dapat siap untuk berbagi.
  • Siapkan siaran pers dengan kutipan-kutipan dari pembicara dan pemangku kepentingan lokal. Jika kamu menunggu sebuah keputusan, siapkanlah beberapa rilis pers untuk hasil yang berbeda sehingga dapat menanggapi keputusan dengan cepat! Untuk melihat beberapa contoh, lihat the halaman media Fossil Free dan unduh Toolkit Media.
  • Tulislah sebuah blog yang menceritakan bagaimana kamu mendorong kekuatan orang-orang untuk menang dan mempublikasikannya di media sosial. Selalu berbagi dengan menggunakan tagar #FossilFree

20.

Langkah #8

Jangan Berhenti Di Sana!


Apa kamu sudah menang? Luangkan waktu untuk merayakan dan membagikan berita baik. Sungguh, perayaan sangat penting dalam membangun pergerakan.

Luangkan waktu untuk jeda, untuk bercermin tentang apa yang telah kamu capai, dan pada apa yang dapat kamu pelajari dari kampanyemu. Beberapa dari pelajaran ini akan menarik bagi kampanye lain. — bagikanlah!

Lalu kamu dapat maju ke langkah berikutnya dan menentukan apa yang akan kamu lakukan berikutnya:

  • bantu sebuah kampanye di kota atau komunitas tetangga?
  • Melakukan kampanye dengan tuntutan yang sama pada skala yang lebih besar ( institusi regional, atau bahkan nasional)?
  • Atau tetap berkampanye dengan skala yang sama, tapi dengan tuntutan yang berbeda?

350.org dan Bebas Energi Fosil

Bebas Energi Fosil adalah proyek 350.org yang bekerja sama dengan banyak mitra dan sukarelawan. Situs web Fossil Free adalah platform utama untuk menyampaikan kampanye dan pengorganisasian yang didukung oleh 350.org. Memang bukan 350.org yang melakukan segalanya, namun semua yang kami kerjakan berkaitan dengan perwujudan dunia yang Bebas Energi Fosil. Kamu dapat mengunjungi 350.org untuk mencari tahu tentang kampanye lain yang sedang kami dilakukan>

FacebookTwitter