Bebas Energi Fosil

Kampanye Bebas Energi Fosil adalah sebuah kampanye global yang digerakkan oleh masyarakat lokal dengan tujuan menuntut berbagai komunitas serta institusi berkomitmen untuk:

  1. Transisi menuju 100% energi terbarukan yang segera dan adil untuk semua orang.
  2. Tidak ada lagi proyek energi kotor baru di mana pun.
  3. Masyarakat tidak lagi membayar satu rupiah pun untuk energi kotor.

Kami adalah sebuah gerakan, bersama dengan masyarakat dari seluruh penjuru dunia, yang bertujuan untuk membangun masa depan yang bebas dari dampak perubahan iklim yang merusak, dan lepas dari kepentingan perusahaan-perusahaan yang telah menyebabkan kerusakan lingkungan.

Bagaimana cara kerja kampanye ini?

Bebas Energi Fosil dilakukan dengan menyatukan kekuatan yang paling efektif, yakni kekuatan masyarakat lokal. Sekelompok orang yang berkumpul untuk mengubah lingkungan sekitarnya dan dunia. Kami bergabung dalam sebuah gerakan global yang saling terhubung dari seluruh penjuru dunia, berbagi pengetahuan dan taktik untuk mewujudkan sebuah visi bagi dunia.

Kami berkampanye agar semua pihak dapat melepaskan diri dari industri energi kotor serta dapat hidup secara layak: mendapatkan jaminan sosial, hak politik, dan ekonomi. Kami mengajak masyarakat untuk menghentikan atau melarang proyek batu bara, minyak dan gas baru.

Kami mendorong agar dukungan publik yang besar pada energi terbarukan menjadi sebuah komitmen nyata di tingkat lokal untuk mendorong 100% energi terbarukan. Komitmen-komitmen tersebut tidak hanya akan mengubah sistem energi kita, namun juga memberikan kesempatan baru kepada para pekerja yang terdampak oleh proses transisi energi, serta kembali menempatkan masyarakat sebagai pengelola energi.

“Membangun Lumbung Energi Kita” yang dibangun di tengah jalur pipa Keystone XL di atas tanah keluarga Hammond dekat York, Nebraska. Foto: Mary Anne Andrei / Bold Nebraska.

Prinsip


Prinsip #1:

Terbuka bagi semua orang

Perubahan iklim bukan sekedar isu lingkungan hidup, isu keadilan sosial, atau isu ekonomi – perubahan iklim adalah irisan dari semua isu tersebut. Perubahan iklim adalah salah satu tantangan terbesar yang pernah dihadapi manusia, dan kita semua harus bekerja sama untuk mengatasinya.

Gerakan ini secara aktif menyambut semua orang dengan talenta, energi dan komitmen masing-masing agar dapat memberikan waktu untuk terlibat dalam kampanye ini, terlepas dari latar belakang, suku, kepercayaan, gender dan orientasi seksual tiap individu. Kami bergerak melawan kebencian dan diskriminasi.

 

Prinsip #2:

Kita semua adalah pemimpin

Tiap kelompok memiliki kekuatan untuk menentukan pengorganisasian, fasilitasi, pengambilan keputusan, komunikasi, taktik hingga aksi secara mandiri. Masing-masing dari kita bertanggung jawab untuk menjalankan nilai dan prinsip pengorganisasian bersama.

 

Prinsip #3:

Kita beraksi

Beraksi adalah bagaimana kami membangun dukungan masyarakat untuk mencapai tujuan. Dan kami paham, bahwa  kami harus berupaya meningkatkan skala dari aksi-aksi yang kami lakukan ketika tuntutan kami tidak dipenuhi.

Kami berkomitmen untuk mempertahankan sikap anti kekerasan di dalam setiap aksi kami. Kami mendukung mereka yang melakukan aksi langsung dan menghormati mereka yang mengambil keputusan untuk tidak terlibat. Kami menggunakan beragam taktik yang akan memperkuat gerakan kami.

Sejarah

Bebas Energi Fosil di mulai pada tahun 2012 sebagai sebuah kampanye untuk mendorong berbagai institusi melakukan divestasi di industri energi kotor. Kami membangun gerakan ini dengan berbagai kampanye divestasi yang digerakkan oleh para mahasiswa.

Dalam waktu singkat, kampanye ini tersebar ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 2015, ribuan kampanye divestasi dilakukan untuk mengubah opini publik agar penggunaan energi kotor dihentikan dan menekankan urgensi moral dari aksi iklim ini.

Divestasi tetap menjadi bagian penting dari kampanye Bebas Energi Fosil dan kamu dapat belajar lebih banyak mengenai taktik dan beragam keberhasilan di sini.

Dengan lambannya kemajuan di tingkat nasional dan internasional, aksi Bebas Energi Fosil memasuki fase kampanye baru pada awal tahun 2018. Kampanye ini semakin meluas, tidak hanya pada usaha divestasi, tapi juga dengan target baru, yakni penghentian semua proyek energi kotor baru pada tahun 2020 dan transisi yang adil dan segera menuju 100% energi terbarukan.

FacebookTwitter