SAYA
#PILIH
YANG
BERSIH

Merayakan Kemitraan Energi Terbarukan

DISKUSI PUBLIK DAN PELUNCURAN KAMPANYE

Mewujudkan masa depan bebas energi fosil merupakan langkah nyata penanggulangan perubahan iklim untuk kelangsungan hidup kita dan generasi mendatang. Bersama dengan Koaksi Indonesia, 350 Indonesia hendak membangun kolaborasi dengan berbagai organisasi masyarakat sipil lainnya mewujudkan visi Indonesia Bebas Energi Fosil dengan dengan fokus pada energi terbarukan.

Kolaborasi ini diwujudkan dengan adanya diskusi publik yang mengangkat potensi dan tantangan pengembangan energi terbarukan di Indonesia, baik yang diinisiasi oleh pemerintah maupun oleh organisasi masyarakat sipil, serta bagaimana energi terbarukan didorong menjadi gerakan nasional.

Oleh karena itu, kami mengadakan Diskusi Publik dan Peluncuran Kampanye fossilfree.id yang diselenggarakan pada, hari Kamis 19 April 2018 mulai pukul 18.00.

 

Informasi lengkap

WAKTU DAN LOKASI

Peta Lokasi:
D-LAB, EV HIVE

Saya Ingin Mewujudkan Indonesia Bebas Energi Fosil!

Bebas
Energi
Fosil

Kami menyerukan transisi yang adil dan segera menuju dunia yang Bebas Energi Fosil.

Bersama kita akan mengakhiri penggunaan energi kotor dan mendorong transisi dunia menuju 100% energi terbarukan. Dan kami menyerukan kepada para politisi untuk mengikuti jejak kami.

Kita sedang mengalami tahun-tahun terpanas yang pernah tercatat dalam sejarah. Meningkatnya badai, banjir dan kekeringan ekstrim menghancurkan tempat tinggal dan alam sekitar kita. Krisis iklim bukan lagi ancaman yang akan datang: Bahaya ini nyata di depan mata.

Namun, kita melihat sebuah harapan. Di sejumlah negara, masyarakat menunjukkan kepemimpinan iklim yang sesungguhnya, dengan bersuara melawan proyek batu bara, minyak dan gas, mengalihkan dana mereka dari energi kotor, dan membangun energi terbarukan yang adil dan segera untuk semua.

Dua tahun lalu di Paris, Perancis, para pemimpin dunia membuat janji bersejarah, untuk melindungi planet Bumi, dan menjaganya untuk tetap berada pada suhu yang aman untuk kita tinggali. Tetapi tindakan mereka tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Sejumlah negara terus melanjutkan persetujuan proyek baru batu bara, minyak dan gas, serta menyalurkan milyaran dana untuk energi kotor.

Kini semua tergantung pada kita untuk bangkit melawan industri energi kotor yang korup dengan sekutu politik dan keuangannya, serta membuat perubahan nyata yang kita inginkan. Semangat aspirasi kita mendunia, dalam aksi bersama di tingkat lokal, untuk menciptakan masa depan Indonesia Bebas Energi Fosil yang kita inginkan.

Kamu dapat mengubah pesan ini sesuai dengan keinginan kamu.

Kami akan mengirimkan kabar terbaru dan informasi mengenai cara bergabung dengan kampanye Bebas Energi Fosil di sekitarmu.

Hi !

We have your info saved from last time, just click the button below to continue.

Not ? Keluar

Dengan melakukan tindakan ini, kamu menyetujui ketentuan layanan dan kebijakan privasi kami. Kamu dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Dengan melakukan tindakan ini, kamu menyetujui ketentuan layanan dan kebijakan privasi kami. Kamu dapat berhenti berlangganan kapan saja.

LATAR BELAKANG


Mewujudkan masa depan yang bebas dari energi fosil adalah upaya untuk menjaga suhu planet Bumi berada pada tingkat yang layak dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, kami ingin mengajak semua pihak untuk mengambil langkah nyata dalam melawan krisis iklim untuk kelangsungan hidup kita dan generasi masa depan dengan mendorong pemerintah untuk segera melakukan proses transisi yang adil menuju 100 persen energi terbarukan, terutama bagi masyarakat di tingkat lokal.

Bersama-sama kita harus memastikan komitmen para pemimpin agar serius membuat perencanaan pembangunan rendah emisi, serta memastikan proses yang inklusif.

Dengan semangat kolaborasi, pesan yang hendak diangkat bersama adalah:

  • Mendorong semua pemimpin, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, sektor swasta/bisnis, perguruan tinggi, organisasi masyarakat sipil, dan penggerak komunitas, untuk berkomitmen dalam mewujudkan transisi yang adil menuju 100 persen energi terbarukan di wilayah yang menjadi kewenangannya,
  • Mendukung pengembangan dan penyebaran energi terbarukan yang berada di wilayah yang menjadi kewenangan masing-masing untuk menjadi substitusi energi fosil demi membangun kemandirian dan ketahanan energi lokal.

Memanfaatkan momentum peluncuran kampanye melalui situs web (fossilfree.id) dan media sosial, yaitu Indonesia Bebas Energi Fosil, kami bersama dengan Koaksi Indonesia hendak membangun kolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil lainnya mewujudkan visi Indonesia lebih bersih dengan 100 persen energi terbarukan.

TUJUAN


  • Merayakan Kemitraan Energi Terbarukan

Bersama-sama mendorong transisi yang adil menuju 100 persen energi terbarukan agar dilakukan segera dan seadil-adilnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Kemitraan ini diimplementasikan dengan menyelenggarakan diskusi publik yang mengangkat: 

  1. Potensi dan tantangan pengembangan energi terbarukan di Indonesia, baik yang diinisiasi oleh pemerintah maupun oleh organisasi masyarakat sipil,
  2. Geliat inisiatif energi terbarukan di Indonesia untuk didorong menjadi gerakan nasional.

Selain itu, dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut akan juga ditampilkan inisiatif yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia dan Universitas Indonesia, yaitu EcoMasjid dan Bungin Techno Project.

Harapannya, hasil diskusi ini dapat menginspirasi sekaligus memicu masyarakat luas untuk turut mendukung, memperluas kolaborasi, dan mereplikasi inisiatif yang telah terbangun ke berbagai wilayah di Indonesia.

  • Memfasilitasi kampanye energi terbarukan di tingkat lokal

Dalam kesempatan yang sama, 350 Indonesia akan meluncurkan kampanye “Indonesia Bebas Energi Fosil” dengan landasan kampanye berbasis daring (online), berupa situs web dan media sosial, yang dapat diakses oleh berbagai organisasi masyarakat sipil yang memiliki visi kampanye yang sama. Fasilitas yang ada di dalam landasan tersebut adalah panduan pengorganisasian, media percakapan, modul pelatihan, materi audio visual, cara menulis cerita, yang tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Situs web ini juga memfasilitasi inisiatif individu, inisiator lokal, dan komunitas orang muda dimanapun berada untuk memulai aksi atau terlibat dalam aksi yang sudah ada, dengan menggunakan fitur membuat pernyataan dukungan, fitur memulai kampanye sendiri, atau menjadi digital ninja yang menyebarkan pesan dan fakta energi terbarukan melalui media sosial.

Fasilitas dan fitur ini disediakan agar semua orang dapat turut menyuarakan dan berpartisipasi menentukan sistem energi yang bersih di daerahnya.

SUSUNAN ACARA


  1. Diskusi Publik. Tema: Peluang, Geliat, dan Tantangan Energi Terbarukan di Indonesia
  2. Peluncuran Kampanye: fossilfree.id
  3. Showcasing: EcoMasjid dan Bungin Eco Village
  4. Pertunjukan Musik: Ukuiki
  5. Live Streaming

PEMBICARA


  1. Rida Mulyana; Direktur Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM: Upaya percepatan pengembangan EBTKE pemerintah menuju pencapaian target 23% pada tahun 2025
  2. Marlistya Citraningrum; Program Manager Sustainable Transition, IESR: Potensi Percepatan Pengembangan Energi Terbarukan di Indonesia
  3. Gan Gan Dirgantara; Pengamat Energi Terbarukan: Potensi Energi Terbarukan Masif Berbasis Hidro dan Panas Bumi
  4. Laily Syukriah Himayati; Stakeholder Engagement Officer, Hivos Southeast Asia: Potensi Pengembangan Energi Terbarukan di Wilayah Rural (Sumba Iconic Island)

KONFIRMASI KEHADIRAN


Mohon maaf, konfirmasi kehadiran sudah ditutup karena telah memenuhi quota. Terima kasih atas minat dan dukungannya atas acara kami.

TERIMA KASIH

FacebookTwitter