Sekarang adalah masa yang genting. Kita harus menekan penggunaan energi fosil secara drastis dalam 3 tahun ke depan. Dunia sudah tidak bisa lagi bergantung pada para politisi dan pejabat. Sekarang tergantung kita, dan masyarakat di seluruh dunia bertindak untuk menentang mereka yang diuntungkan oleh perubahan iklim serta mendorong solusi alternatif yang adil dipandu oleh masyarakat.

Karena itulah kami meluncurkan kampanye Bebas Energi Fosil — untuk menciptakan dunia tanpa proyek energi kotor baru dan transisi menuju 100% energi terbarukan.

Keharusan perubahan itu nyata, contohnya pun ada. Lihat video ini untuk mengetahui apa yang terjadi jika banyak orang meruntuhkan pilar pendukung industri energi kotor dan menuntut solusi energi yang adil. Kita akan mewujudkan, solusi dunia yang terhindar dari dampak buruk perubahan iklim dan korporasi korup yang menyebabkan kehancuran.

Tautan ke video

Kampanye Bebas Energi Fosil mengajak  target lokal mereka untuk berkomitmen pada

  • Transisi adil dan segera menuju 100% Energi Terbarukan untuk semua: Di Atimonan, Filipina, ketika beberapa anggota jemaat gereja mengetahui adanya rencana pembangunan PLTU batubara baru, mereka bertanya: mengapa tidak mengalokasikan dana yang sama untuk energi solar panelsaja? Mereka paham, berdiam diri adalah sama saja dengan menjadi bagianketidakadilan. Sejumlah tokoh masyarakat kemudian berjanji untuk mengelola dan menunjukkan alternatif yang memungkinkan. Pemasangan panel surya menjadi bukti nyata sebuah energi yang diamanahkan kepada masyarakat. 
  • Menghentikan proyek energi kotor baru: Masyarakat Peruibe, Brazil, menghadapi ancaman PLTG yang dapat menimbulkan masalah lingkungan dan sosial. Kampanye aktif selama berbulan-bulan untuk menentang proyek ini memuncak dalam diskusi panas saat pengambilan suara di pemerintah daerah setempat. Pengakuan masyarakat mendorong anggota dewan untuk mendesak perubahan eraturan daerah yang dapat mencegah pendirian industri penyebab polusi, sehingga dapat menghindari ancaman terhadap daerah konservasi laut dan darat yang indah ini.
  • Tidak mengalokasikan satu rupiahpun untuk energi kotor: Walikota New York mengumumkan bahwa, mulai awal tahun ini, Kota New York telah menarik dana masyarakat dari perusahaan energi kotor serta mengajukan tuntutan kepada mahkamah federal terhadap lima perusahaan energi kotor yang paling bertanggung jawab terhadap pemanasan global. Ini adalah momen yang dinanti-nanti dan diperjuangkan oleh masyarakat setempat, setelah berbulan-bulan mengorganisir banyak acara dukungan yang menggugah. Acara ini dihadiri oleh beragam kelompok masyarakat di New York yang mendesak adanya perubahan sistemik sesegera mungkin.

Kelompok masyarakat seperti ini mendorong kemajuan dan menginspirasi orang banyak untuk bersikap. Sekarang tergantung kamu dan aku untuk terlibat. Kita mampu mengakhiri era energi fosil dan membangun dunia baru yang digerakkan oleh energi terbarukan bagi semua, bagi dunia kita bersama yang bebas energi fosil.

Mau bergabung bersama kami? 

FacebookTwitter