Ada banyak pemimpin iklim yang berani di dalam pertemuan iklim PBB tahun ini—dan mereka berasal dari daerah yang paling terdampak krisis iklim dan kebijakan pemimpin lokal.

Sebagai Pejuang Iklim Pasifik, kami bersama dalam solidaritas dengan masyarakat di Jerman yang berada di lini depan proyek batu bara, dan melawan dengan tekad kuat dan berbagai aksi kreatif. Kami berdiri bersama anak muda Amerika Serikat sebagai wakil dari kota dan negara bagian yang menolak agenda energi fosil Trump, dengan berkomitmen kepada 100% energi terbarukan. Kami mendukung seruan keadilan iklim dan kepemimpinan warga kepulauan di Pasifik yang terbebani dampak iklim.

Saksikan dan bagikan video penutupan COP23 dan langkah kami berikutnya

Kami meninggalkan Jerman dengan harapan dan optimisme baru di tahun depan—bahwa kita bersama secara global pada tahun 2018 dapat menggerakkan gelombang aksi besar di tingkat lokal menuju dunia yang bebas dari Energi Fosil.

Kami tahu bahwa seruan untuk memastikan energi fosil tetap berada di dalam bumi telah didengar dengan sangat jelas—oleh para pemimpin dunia yang berada di Bonn dan oleh orang-orang seperti kamu di seluruh dunia yang berkomitmen untuk bertindak di tingkat lokal.

Saksikan dan bagikan video ini agar orang lain bergabung bersama kita

Iklim yang berubah sangat cepat ini adalah masalah besar yang membutuhkan banyak gerakan publik untuk mendorong ke solusi yang tepat. Kita butuh aksi tegas dari pemerintah, namun banyak masih gagal untuk memenuhi apa yang diamanatkan dalam Kesepakatan Paris. Saat ini, membangun kekuatan masyarakat di tingkat lokal untuk menghentikan proyek-proyek energi fosil dan mempercepat transisi ke energi terbarukan adalah pilihan terbaik kita menuju perubahan yang kekal.

Dari jalan ke jalan, kota ke kota dan dari satu komunitas ke komunitas lain—akan bergantung kepada kita semua untuk membangun dukungan publik demi masa depan yang kita inginkan.

Pertemuan iklim di Bonn telah berakhir, namun semangat Pejuang Iklim Pasifik tidak akan berakhir. Kami lebih bersemangat dari sebelumnya untuk membangun ketahanan terhadap dampak iklim yang mengancam warga kepulauan kami dan terus berjuang untuk sebuah dunia yang bebas dari Energi Fosil. Agar berhasil, kami butuh kalian semua bersama kami.

FacebookTwitter